Kamis, 04 Juli 2013

Corat-coret: Catatan Minggu Lalu

Minggu lalu, saya ingat hari Kamis, 27 Juni 2013 saya sedang dalam perjalanan trip dari Surabaya ke Maumere, dalam misi mengantar tanta pulang ke kampung halamannya. Kamis pagi sekitar jam setengah empat pagi kami sudah berbenah, mandi, sarapan dan paking barang untuk menuju bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Kami start dari kontrakan salah satu sepupu kami di Surabaya, tepatnya di Kelurahan Kendangsari, Surabaya, Jawa Timur.

Pagi masih sepi kami sudah berangkat menuju bandara, karena setengah lima pagi kita harus sudah check in di loket Merpati Airlines. Ya, maskapai "manuk dara" yang jadi pilihan kami untuk menghantar kami ke Maumere. Sayangnya pesawat yang menghantar kami ini tidak langsung turun di Maumere, namun harus transit di Makassar terlibih dahulu, nanti di sana dilanjutkan dengan pesawat yang lebih kecil untuk turun di Maumere.

Jadwal keberangkatan pesawat kami yang tercantuk di tiket reservasi pesawat harus take off jam enam pagi, namun karena delay masalah operasional kami baru lepas landas jam setengah tujuh pagi. Pesawat jenis boing yang menghantar kami ke Makassar sebagai bandara transit di Sultan Hassanudin Airport. Sampai Makassar itu kalau tidak salah jam setengah sembilan pagi waktu Indonesia bagian tengah. Penerbangan tidak lama, hanya kurang lebih satu jam tiga puluh menit atau lima belas menit lah kami sudah landing di Makassar. Perjalanan kami tidak ada masalah.

Sampai Sultan Hassanudi Airport kami turun, masuk bandara langsung menuju loket transit, boarding pass lagi di sana, akhirnya kami menuju ruang tunggu. Penerbangan selanjutnya akan diantar dengan pesawat yang lebih kecil, MA60, pesawat buatan China yang kerap bermasalah. Kami masih menggunakan maskapai yang sama, yaitu maskapai "manuk dara aduan". Jadwal penerbangan kami berikutnya itu sekitar jam tiga sore. Sehingga sejak kedatangan kami di Makassar ya terpaksa harus menunggu untuk waktu yang lama.

Sembari menunggu ya yang bisa dilakukan hanya menelepon keluarga (mengabari), online dengan BBM, YM, bahkan sampai harus online menggunakan Lenov yang saya bawa dari Cirebon. Bosan dengan gadget, mata memandang ke segala arah, liat sana-sini, jalan sana-sini, ya karena hanya itu yang bisa dilakukan untuk membuang waktu menunggu waktu keberangkatan.

Sudah lama menunggu, ternyata kami harus kembali membuang waktu karena pasawat yang akan membawa kami urung tiba di Makassar, sehingga 'judulnya' delay. Benar-benar membosankan sekali ketika menunggu saat itu. Sabar-sabar akhirnya ya terdengar juga panggilan untuk pesawat kami, kami pun menuju gate yang ditentukan.

Akhirnya kami berangkat juga dengan MA60 dan menghabiskan perjalanan kurang lebih satu jam lima belas menit. Sekitar pukul setengah lima sore waktu Indonesia bagian tengah kami mendarat di Frans Seda Airport, Maumere, NTT. Perjalanan lancar tanpa ada halangan berarti, aman, nyaman dan yang terpenting selamat, mengingat pesawat MA60 ini sering bermasalah.

Itulah catatan yang bisa saya catat sekarang, yang mana catatan ini merupakan catatan singkat aktivitas minggu yang lalu. Sekali lagi ini kembali jadi catatan saya pribadi yang akan tersimpan secara online. Catatan yang serupa mungkin juga akan saya buat di postingan yang lain terkait perjalanan saya tersebut. Cu next time ; )