Jumat, 05 Juli 2013

Corat-coret: Cirebon Sejuk di Awal Bulan Juli

Sejak memasuki awal bulan Juli 2013 ini Kota Cirebon sedang sejuk-sejuknya. Ya setidaknya untuk hari-hari pertama bulan ini. Biasanya kalau hari-hari normal pagi saja untuk jam sembilan matahari sudah bersinar terik. Lain dengan hari ini, terasa sejuk dari pagi. Mungkin karena pengaruh hujan sedari kemarin sore hingga malam.

Sampai hari ini dari awal Juli, setiap sore sekitar pukul empat cuaca berubah mendung, dan tidak tanggung kadang hujan turun, besaran hujannya sendiri variatif, tidak besar juga, kecil juga tidak. Kalau pun berhenti masih sedikit disertai gerimis ringan saja.

Suasana ini memang mendukung sekali untuk tidur, karena sejuk. Ya normalnya Cirebon itu panas sekali. Untuk rumah saya yang sehari-hari selalu menggunakan kipas angin mulai mengurangi penggunaannya. Biasanya dimalam hari kipas angin selalu non stop nyala sampai pagi, beberapa hari ini tidak demikian. Ya bagus lah setidaknya mengirit umur pakai kipas angin. Soalnya kalau tidak pakai kipas angin bisa keringat bercucuran.

Saya tidak tahu pasti sekarang ini masuk ke musim apa, penghujan atau kemarau. Kalau musim normal, seharusnya bulan-bulan ini sudah masuk ke kemarau. Tapi biarlah, bagaimana pun hujan atau air merupakan berkah. Air merupakan sumber kehidupan. Harapan juga dengan hujan yang turun bisa menjadi sumber untuk mata air di dalam tanah, terutama ya untuk stok air bersih di wilayah kota Cirebon sendiri. Misalkan juga hujannya turun di wilayah sebelah atas Cirebon seperti Kabupaten Kuningan, harapannya cadangan air di kawasan hulu bisa meningkat, sehingga pasokan air ke Kota Cirebon yang berada di bawahnya bisa terjamin. Kita tahu bahwa pasokan air bersih untuk Kota Cirebon kebanyakan juga dipasok dari PDAM, yang mana sumber airnya berasal dari wilayah kaki Gunung Ciremai yang berada di wilayah atas, Kabupaten Kuningan dan sekitarnya.

Kesejukan juga sebenarnya dipengaruhi oleh banyaknya tumbuhan yang ada. Karena tumbuhan ini berfungsi sebagai penyuplai oksigen, alat pemberi sejuk juga dengan rindangnya dedaunannya, serta menyimpan air. Ya inilah yang menjadi sumber sejuk itu, air. Harapan dengan datangnya hujan di awal bulan ini bisa memberi berkah kesuburan untuk tanah-tanah yang kering, sehingga semakin banyak yang tumbuh. Semoga kesejukan di bulan Juli ini terus berlanjut. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar