Jumat, 10 Mei 2013

Ngeblog Adalah Seni dan Hobi

Ngeblog, bagi sebagian orang merupakan aktivvitas membosankan, karena hanya duduk di depan komputer/ laptop/ netbook, hanya berteman dengan tuts keyboard, untuk menuliskan sesuatu. Nampaknya lebih menyenangkan bila bermain game online. Mungkin lah itu anggapan sebagian orang yang menganggap ngeblog sesuatu yang tak menyenangkan. Namun bagi saya adalah sesuatu yang menyenangkan.

Duduk berjam-jam di depan Lenov, netbook kesayangan ku adalah sesuatu yang menyenangkan. Ada banyak sesuatu yang bisa saya ketahui dari jendela dunia, yang namanya internet. Aktivitas ngeblog tentunya berhubungan dengan internet bukan? Iya pasti tentunya. Berkunjung ke blog-blog lain jadi kegiatan yang menyenangkan, melihat sesuatu yang mereka (pemilik blog lain) tawarkan.

Buat ku ngeblog adalah seni dan hobi. Seni, kenapa disebut seni, karena yang dilakukan dalam ngeblog adalah bagaimana merangkai kata, dan merangkai kata merupakan seni, seni menulis. Kemudian dikatakan hobi, karena memang bagi sebagian orang menulis adalah hobi, tidak semua orang menyukainya. Hobi adalah aktivitas yang dilakukan atas dasar kesenangan. Tak kalah seperti hobi ku yang lainnya, seperti memancing, bersepeda, travelling, dan membaca. Dua hal, seni dan hobi ini sepertinya berkaitan erat dalam aktivitas ngeblog. Ya begitulah menurut saya.

Ngeblog buat saya adalah bagaimana saya membuat rumah di dunia maya. Blog adalah rumah di dunia maya. Rumah yang sebenarnya bisa dimiliki siapa saja, dibandingkan mempunyai rumah di dunia nyata. Apa sih sebenarnya definisi rumah? Rumah itu sebagai tempat bernaung, berlindung, menyimpang segala macam hal-hal yang berkaitan dengan diri kita, ya itulah fungsi rumah. Hanya saja fungsi rumah yang saya anggap ada dalam blog tidak bisa dijadikan tempat untuk berlindung, dan sepertinya itu yang membedakan.

Ngeblog akan terasa menyenangkan bila kita melakukannya tanpa beban, bisa setiap saat menyalurkan apa yang ada di pikiran kita, unek-unek, ide, segala macam yang kita ingin simpan dilakukan atas dasar keinginan suka-suka. Namun ketika ngeblog jadi aktivitas keharusan, paksaan yang menimbulkan beban, maka ngeblog sudah tak lagi menyenangkan. Jadi buat saya, menjaga agar blog tetap menyenangkan, ya janganlah buat aktivitas ngeblog itu jadi beban. Lakukan secara mengalir, apa yang ingin kamu tulis hari ini, tulislah, lakukan jika kamu ingin. Hal lain yang membuat blog mu tetap “hidup”, jika kita menganggap blog inii sebagai rumah, kita pasti akan berusaha membuat rumah kita ini selalu layak untuk ditinggali, selalu terlihat menarik, dan pastinya itu semua dilakukan bukan atas dasar kewajiban, tapi lebih keinginan yang wajar.

Ada blog yang digunakan untuk mencari uang, atau wadah untuk berniaga, itu sah-sah saja, sama seperti saya menganggap blog ini rumah. Memang jujur, ketika awal memulai ngeblog keinginan pertama adalah memperoleh keuntungan dari ngeblog ini. Tetapi sekarang saya berpikir, keuntungan akan datang dengan sendirinya, ketika keinginan itu datang dari dalam, dan pastinya akan dilakukan dengan senang hati.

Jadi lakukan aktivitas ngeblog mu atas dasar kesenangan, dan jangan dijadikan beban, nikmati dan enjoy saja. Karena ngeblog adalah seni dan hobi ;) Go blog, go write now ;p

1 komentar:

  1. Ikuti KONTES SEO RGOPOKER 2014 dengan TOTAL HADIAH 32 Juta Rupiah.. untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.kontes-seo-rgopoker.com, Terima kasih atas partisipasi anda.

    BalasHapus