Postingan ini dibuat karena ada request dari T i a n, di Denpasar. Pengen tahu tentang perbedaan dua motor keluaran Honda ini, CBR150R dan CBR250R. Secara kasat mata memang bentuk keduanya sama saja, hanya berbeda dimensi dan pastinya cc yang diusung masing-masing mesin.
CBR150R [Sumber: Google Image] |
Data spesifikasi masing-masing motor sepertinya sudah banyak disampaikan di beberapa artikel atau blog. Tetapi saya coba buat catatan khusus untuk Naturality, juga untuk kebutuhan informasi saya dan pembaca setia my blog. He3x #narsis.
CBR250R [Sumber: Google Image] |
CBR150R merupakan tampilan baru dari CBR150R tipe lama, yang bentuknya kecil. Di CBR150R baru, dimensi motor agak sedikit lebih besar dari tipe lamanya, sehingga lebih gagah. Sedangkan CBR250R memang motor keluaran Honda untuk motor sport 250cc untuk bersaing dengan motor ber-cc sejenis, yaitu Kawasaki Ninja 250R yang telah muncul lebih dulu. Untuk lebih jelas soal spesifikasi diantara CBR150R dan CBR250R bisa dilihat di tabel di bawah ini:
Spesifikasi
| |||
CBR150R
|
CBR250R
| ||
Tipe Model
|
Honda MC41
| ||
1.977 x 701 x 1.130
|
Dimensi (p x l x t | mm)
|
2.035 x 720 x 1.125
| |
1.310
|
Jarak Sumbu Roda (mm)
|
1.370
| |
190
|
Jarak Terendah ke Tanah (mm)
|
145
| |
797
|
Ketinggian Tempat Duduk (mm)
|
780
| |
138
|
Berat Kosong (Kg)
|
161 (tipe STD)
165 (tipe C-ABS)
| |
2.400
|
Radius Putar Minimum (mm)
|
2.500
| |
Twin Tube Diamond
|
Tipe Rangka
|
Pola Berlian (Diamond)
| |
Depan: Teleskopik
Belakang: Tunggal (Monoshock)
|
Tipe Suspensi
|
Depan: Teleskopik
Belakang: Lengan Ayun (Sistem Suspensi Pro-Link)
| |
Depan: 100/80-17M/C 52P
Belakang: 130/70-17M/C 62P
|
Ukuran Ban
|
Depan: 110/70-17M/C (Tubeless)
Belakang: 140/70-17M/C (Tubeless)
| |
Depan: Cakram Hidrolik (Piston Ganda)
Belakang: Cakram Hidrolik (Piston Tunggal)
|
Tipe Rem
|
Depan: Cakram Hidrolik
Belakang: Cakram Hidrolik
| |
13,1 Liter
|
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
|
13 Liter
| |
CS150RE, 4-Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
|
Tipe Mesin
|
CS250RE, 4-Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
| |
Pendingin Cairan (Radiator) dengan kipas elektrik otomatis
|
Sistem Pendingin
|
Pendingin Cairan (Radiator)
| |
Injeksi (PGM-FI/ Programmed Fuel Injection)
|
Sistem Suplai Bahan Bakar
|
Injeksi (PGM-FI/ Programmed Fuel Injection)
| |
6 Kecepatan
|
Tipe Transmisi
|
Constant Mesh 6-Speed Return
| |
Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
|
Tipe Kopling
|
Wet Multiplate with Coil Springs
| |
149,4
|
Volume Langkah (cm³)
|
249
| |
63,5 x 47,2
|
Diameter x Langkah (mm)
|
76,0 x 55,0
| |
11,0 : 1
|
Perbandingan Kompresi
|
10,7 : 1
| |
13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
|
Daya Maksimum
|
21,92HP
| |
12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
|
Torsi Maksimum
|
14,65 lb.ft
| |
Elektrik Starter
|
Tipe Starter
|
Elektrik Starter
| |
Full Transisterized
|
Tipe Pengapian
|
Full-Transistor Battery Ignition
| |
1,0 Liter pada Pengantian Periodik
|
Kapasitas Minyak Pelumas
|
1,8 Liter
| |
Repsol Edition, Night Black, Xtreme Red, Sporty RWB (Honda Three Colors-Symbol Honda Racing)
|
Tipe Pilihan Warna
|
Repsol Edtion, Candy Ruby Red, Sword Silver Metallic, Asteroid Black Metallic, Sporty RWB (Honda Three Colors-Symbol Honda Racing)
| |
Rp 33.300.000,-
Rp 34.300.000,- (Repsol)
|
Harga
|
Rp 42.550.000,- (Sporty RWB-Red)
Rp 43.550.000,- (STD Repsol)
Rp 49.750.000,- (ABS Black)
Rp 51.000.000,- (ABS-Repsol)
| |
Sumber: berbagai sumber
Secara garis besar perbedaan diantara kedua motor adalah seperti yang tercatat pada tabel. Informasi ini saya peroleh dari berbagai sumber, ada yang saya peroleh dari internet dan liflet book promotion CBR150R and CBR250R yang saya peroleh ketika Jakarta Festival Motor Show 2012 lalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar